• Sehat Menurut WHO adalah bahwa sehat merupakan suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau pun kelemahan.
  • Sehat Menurut UU Kesehatan No 23 tahun 1992 adalah yaitu merupakan suatu keadaan sejahtera dari badan (jasmani), jiwa (rohani) dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
  • Pengertian konsep sakit menurut Perkins bahwa sakit adalah sebagai suatu keadaan yang tidak menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga seseorang menimbulkan gangguan aktivitas sehari-hari baik itu dalam aktivitas jasmani, rohani dan sosial.
  • Definisi sakit adalah merupakan suatu keadaan dari badan atau sebagian dari organ badan dimana fungsinya terganggu atau menyimpang.

Berbagai hal dalam hidup ini dapat menempatkan kita dalam posisi sehat dan sakit. Pencegahan sebelum sakit adalah jalan terbaik dari sisi produktivitas, psikis maupun ekonomis. Hal ini sesuai dengan prinsip “mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Banyak orang berpikir bahwa sehat itu mahal, namun bila kita sakit maka akan lebih mahal dan lebih tidak menyenangkan. Pencegahan lebih dini dengan melakukan medical check-up merupakan salah satu langkah terbaik yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan kita. Hal ini juga harus didukung dengan pola hidup yang sehat termasuk menjaga pola makan dan olahraga rutin. Terkadang hal-hal ini terasa berat sehingga kesehatan cenderung diabaikan.

Kondisi sakit akan menempatkan kita dalam situasi yang serba susah, dimana di satu sisi produktivitas kita menurun bahkan terhenti sehingga pemasukan berkurang, namun di sisi lain kita harus melakukan pengeluaran ekstra dalam upaya penyembuhan sakit tersebut. Selain itu, sakit juga mempengaruhi kita baik secara psikis maupun sosial.