Saat ini, hampir seluruh  masyarakat Indonesia telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan karena hal ini diwajibkan oleh pemerintah. Kondisi ini menjadikan masyarakat hanya menggantungkan diri pada BPJS untuk memenuhi kebutuhan kesehatannya dan tidak mau untuk mengeluarkan biaya lebih seperti medical check-up.  Padahal harus diketahui bahwa BPJS lebih bersifat mengobati saat sudah sakit dibandingkan melakukan skrining atau deteksi dini.

Seorang peserta BPJS bertanya, apakah bisa melakukan medical check-up dengan BPJS Kesehatan? Jawabannya adalah tidak menjamin medical check-up. BPJS Kesehatan dapat menjamin biaya medical check up, dengan syarat medical check up tersebut dilakukan berdasarkan indikasi medis yang jelas dari dokter dan sebagai bentuk penanganan penyakit yang diderita peserta. Jika medical check up dilakukan atas permintaan peserta BPJS Kesehatan sendiri, maka biayanya tidak dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan.Bila ada keluhan, bila ada penyakit dan dokter memberikan rekomendasi, maka baru dapat di tanggung oleh BPJS Kesehatan.

Medical Check-Up atau MCU adalah pemeriksaan kesehatan yang bertujuan untuk mengetahui status kesehatan anda, bukan untuk mendiagnosis gejala atau mengobati penyakit. MCU juga mendeteksi secara dini bila ada masalah kesehatan tersembunyi yang belum menunjukkan gejala terutama penyakit-penyakti kardiovaskular, penyakit ginjal, penyakit liver dan diabetes mellitus. Pada BPJS Kesehatan sendiri, karena bukan untuk mendiagnosis gejala atau mengobati penyakit, medical check-up tidak ditanggung BPJS Kesehatan.

Bila dihubungkan dengan konsep Sehat-Sakit, maka BPJS hanya dapat membantu kita dalam posisi “Sakit”. Padahal seperti yang dijelaskan pada Bab sebelumnya, posisi “Sakit” akan memberikan kerugian yang lebih besar. BPJS hanya akan menanggung biaya berobat, namun tidak menggantikan penghasilan kita yang hilang karena tidak bekerja, biaya transport untuk ke fasilitas kesehatan, maupun dukungan psikis bagi penderita. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tetap lebih baik dibandingkan kondisi sakit walaupun telah ada BPJS.

Berdasarkan hal-hal diatas dapat kita simpulkan bahwa BPJS dan Medical check-up adalah 2 hal yang saling melengkapi, bukan saling menggantikan. Medical Check-up membantu anda mengetahui kondisi kesehatan anda dan membantu anda dalam menjaga kondisi “Sehat” anda, sedangkan BPJS dapat membantu anda bila anda terlanjur jatuh pada kondisi “Sakit”.